Thursday, September 12, 2019

Hutan pinus liwa
Wisata hutan pinus liwa

Wisata Hutan Pinus Sumber Jaya Lampung Barat, yang teretak di Sindang Pagar, Sumber Jaya, Lampung Barat. Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata di kabupaten yang ibukota kabupatennya kota Liwa. Daerah wisata ini yang terkenal kota daerah pegunungan Bukit Barisan Selatan yang bersuhu dingin. Lampung Barat selain behawa dingin juga memiliki beberapa tempat wisata seperti: Danau Ranau, Taman nasional Bukit Barisan Selatan, Puncak Bumi Skala Beghak, Kebun Raya Liwa (KRL), Air Terjun Cengkaan, Air Terjun Mbah Gimo, Situs Megaltikum Batu Brak, Rumah Adat Lampung Barat, Lembah Sekalabrak, Bukit Bawang bakung Gerdeai, Danau Suoh dan temapt-tempat wisata lainnya. Kali ini saya akan membahas atau mengulas salah satu tempat wisata yaitu Hutan Pinus. Ada sebuah hutan pinus yang berada dekat dengan tugu ucapan selamat datang di Kabupaten Lampung Barat (dari arah kiri Bukit Kemuning). 

Wisata Hutan Pinus Sumber Jaya Lampung Barat yang berloaksi di pekon/desa Sindang Pagar, Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Lokasi wisata ini juga disebut dengan nama Pinus Ekopark. Tempat wisata hutan pinus ini berdiri atas tercetusnya oleh Swadaya masyarakat, yang mana masyarakat yang tergabung dalam kelompok Cinta Alam Green Pekon Bina Pemerdayaan Desa Sukapura. kelompok LSM ini diketua oleh Pak Kusnin.  dari informasi Pak Kusni bahwa "Hutan pinus yang ditanam sekitar berusia 50 tahun. yang mana awal 8 tahun lalu ada keinginan untuk mengelola hutan ini, hingga  tahun 2017 peluang untuk mengelola hutan lindung dari pemerintah dibeka lebar. cikal bakal keinginan untuk mengelola hutan pinus ini menjadi tempat wisata karena Lampung Barat memiliki wisata alam yang potensial sekali, serta keadaan masyarakat adalah mayoritas petani, yang mana merupakan Petani musiman yang menghasilkan panen tidak tiap saat. sebab itu perlunya dikembangan untuk penghasilan masyarakat lebih lagi dari sektor lain selain bertani, salah satunya mengelola tempat wisata. dengan adanya izin HKM sehingga hutan pinus ini dikelola 35 tahun oleh kelompok LSM ini. saat ini yang mengelola wisata hutan pinus  adalah Westland 45 Lampung :yang mana terdiri 11 orang aktif.  luas hutan pinus yang dikelola  ini 1, 7 hektar. Pengelolaan wisata hutan pinus Penasehat adalah Kepala Dinas Kehutan Propinsi Lampung.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 comments:

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Blog Archive

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

<<SELAMAT >> << DATANG >>

GLOBE

Popular Posts